Sensasi Berkebun di Tengah Kota dengan Aquaponic

Hello, Sobat Rantai Berita! Siapa yang tidak ingin memiliki taman di tengah kota yang bisa memberikan kesejukan dan juga hasil panen? Namun, sayangnya lahan yang terbatas menjadi kendala bagi kita untuk memulai berkebun. Namun, jangan khawatir! Kini hadir teknologi aquaponic yang memungkinkan kita untuk berkebun dengan lahan yang terbatas.

Apa itu Aquaponic?

Aquaponic adalah teknologi berkebun yang menggabungkan antara hidroponik dan akuakultur dalam suatu sistem yang saling berkaitan. Dalam sistem ini, air yang digunakan untuk memelihara ikan diambil dan kemudian dilewatkan melalui kolam tanaman untuk kemudian disaring dan diubah kembali menjadi air segar untuk ikan.

Sebagai hasilnya, tanaman akan mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan yang terurai menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Dalam sistem ini, tanaman dan ikan saling memperoleh keuntungan dari satu sama lain.

Cara Memulai Aquaponic

Untuk memulai berkebun dengan menggunakan sistem aquaponic, kita memerlukan beberapa peralatan seperti tangki ikan, pompa air, pipa air, dan kolam tanaman.

Pertama-tama, kita harus menyiapkan tangki ikan yang digunakan untuk memelihara ikan yang akan menjadi sumber nutrisi bagi tanaman. Kemudian, kita harus menyiapkan kolam tanaman yang berisi media tanam. Media tanam yang umum digunakan dalam sistem aquaponic adalah rockwool dan clay ball.

Setelah itu, kita harus memasang pipa air dan pompa air yang digunakan untuk memompa air dari tangki ikan ke kolam tanaman. Selain itu, kita juga memerlukan saringan air yang digunakan untuk menyaring kotoran ikan dan menghasilkan air yang jernih untuk tanaman.

Keuntungan Berkebun dengan Sistem Aquaponic

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berkebun menggunakan sistem aquaponic. Pertama-tama, kita bisa menghasilkan tanaman dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan dengan berkebun secara konvensional. Selain itu, kita juga bisa memelihara ikan yang bisa menjadi sumber protein bagi keluarga kita.

Dalam sistem aquaponic, kita juga tidak perlu menggunakan pestisida atau pupuk kimia karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sudah terpenuhi dari kotoran ikan. Sehingga, hasil panen kita lebih sehat dan alami.

Kesimpulan

Berkebun dengan menggunakan sistem aquaponic memang memerlukan investasi awal yang cukup besar. Namun, dengan cara ini kita bisa menghasilkan tanaman dan ikan dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih sehat. Sehingga, kita bisa mengurangi pengeluaran belanja kebutuhan rumah tangga dan juga memberikan manfaat kesehatan bagi keluarga kita.

Mulailah berkebun dengan sistem aquaponic dan rasakan sensasi kepuasan tersendiri ketika bisa memetik hasil panen yang sehat dan alami dari kebun di tengah kota.