Manfaat Sistem Akuntansi Bagi Perusahaan dan Tips Memilih Vendor yang Tepat

Sistem akuntansi mungkin sudah bukan istilah yang asing di telinga Anda khususnya apabila Anda adalah seorang manajer keuangan. Bagi Anda yang belum tahu, sistem akuntansi atau perangkat lunak akuntansi adalah perangkat lunak yang berfungsi mencatat dan memproses berbagai transaksi akuntansi perusahaan.

Meskipun saat ini telah banyak perusahaan yang menggunakan sistem akuntansi otomatis, sebagian masih memilih akuntansi konvensional dalam mengelola pembukuannya. Kira-kira apa saja perbedaan antara keduanya?

Apa Bedanya Akuntansi Konvensional dengan Akuntansi Otomatis?

Akuntansi konvensional merupakan proses mengelola pembukuan dan berbagai transaksi akuntansi secara manual tanpa bantuan aplikasi akuntansi online. Di sini, peran akuntan menjadi sangat penting karena mereka harus bisa mencatat, menghitung, dan membuat laporan keuangan secara lengkap tanpa kesalahan. Karena dilakukan secara manual, biasanya ini diperlukan lebih dari seorang akuntan untuk melakukan semua prosedur akuntansi tersebut.

Sayangnya, human error hampir mustahil untuk dihindari jika perusahaan masih bergantung pada akuntansi konvensional. Inilah mengapa sekarang banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan sistem akuntansi otomatis.

Sistem akuntansi otomatis tetap melibatkan peran manusia untuk memasukkan data, namun sebagian besar proses dapat diotomatiskan, terutama penghitungan dan pembuatan laporan. Dengan perangkat lunak akuntansi, human error dapat diminimalkan sehingga tingkat akurasi datanya lebih tinggi dibandingkan akuntansi konvensional.

Manfaat Utama Sistem Akuntansi bagi Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama sistem akuntansi yang dapat dirasakan oleh perusahaan yang menggunakannya.

1. Sistem Akuntansi Membantu Menghemat Waktu dan Biaya

Proses akuntansi di kenal sebagai proses yang memakan banyak waktu karena ada banyak transaksi yang harus di catat dan di hitung. Namun, dengan sistem akuntansi, semua itu dapat di otomatiskan sehingga waktu pengerjaan dapat di persingkat. Perusahaan juga tidak perlu tenaga akuntan tambahan untuk melakukan pembukuan dan lain-lain sehingga perusahaan dapat menghemat biayanya untuk kebutuhan lain yang tidak kalah penting.

2. Meningkatkan Visibilitas Keuangan

Perangkat lunak akuntansi memudahkan pemangku kepentingan untuk memantau kondisi keuangan perusahaan secara lebih detail. Manajemen dapat mengetahui pengeluaran dan pendapatan serta laba rugi di setiap lokasi dan bahkan departemen perusahaan. Dengan Sistem Akuntansi Jurnal by mekari, Anda bahkan dapat menghasilkan data forecast arus kas dalam beberapa waktu ke depan. Seluruh informasi keuangan dapat Anda lihat di financial dashboard.

3. Meminimalkan Kesalahan dengan Bantuan Sistem Akuntansi

Penghitungan manual memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kesalahan, sebab akurasi sangat bergantung pada ketelitian akuntan. Namun dengan sistem akuntansi, proses penghitungan di otomatiskan sesuai dengan algoritma sistem yang selalu di perbarui. Kesalahan seperti duplikasi data juga dapat terdeteksi. Akuntan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengoreksi data dan bisa lebih fokus pada pekerjaan yang lebih membutuhkan konsentrasi.

4. Tingkatkan Pengelolaan Manajemen Aset & Inventaris

Sistem akuntansi yang baik seharusnya sudah terintegrasi dengan manajemen aset dan inventaris. Artinya, perangkat lunak ini semestinya juga dapat membantu memudahkan Anda mengelola aset dan inventaris. Aplikasi akuntansi online Jurnal by mekari misalnya, perangkat lunak ini memungkinkan Anda menghitung depresiasi aset secara otomatis, menghitung biaya inventaris, dan memudahkan stok opname.

5. Sistem Akuntansi Mudahkan Akses Data Real Time

Perangkat lunak akuntansi memungkinkan Anda untuk melacak data keuangan perusahaan secara real time. Anda dapat langsung mengetahui nominal uang yang masuk dan keluar secara tepat kapanpun Anda inginkan. Data real-time sangat berguna untuk memudahkan Anda membuat strategi dan perencanaan yang tepat untuk meningkatkan manajemen keuangan Anda.

6. Meningkatkan Proses Pengambilan Keputusan

Dengan laporan lengkap, akurat, dan real-time, manajemen akan dapat mengambil keputusan finansial yang lebih baik untuk perusahaan. Manajemen dapat mengetahui proses apa saja yang memakan paling banyak biaya, mana yang biayanya bisa di kurangi, dan lain-lain. Manajemen juga dapat memutuskan lebih cepat apakah perusahaan telah siap untuk berinvestasi, berekspansi, menambah karyawan, mencoba strategi marketing baru, dan lain-lain.

7. Memberikan Anda Fleksibilitas Tinggi

Aplikasi akuntansi berbasis web memberikan pengguna kemudahan untuk melacak informasi keuangan perusahaan dan mengerjakan tugas-tugas akuntansi dari mana saja. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut melalui browser web.

Selain itu, aplikasi akuntansi berbasis web juga dapat digunakan di perangkat mobile apapun, termasuk smartphone dan tablet. Selama memiliki hak akses (yang dapat di atur oleh admin), pengguna dapat melihat laporan keuangan atau melakukan berbagai proses yang di inginkan kapan dan di mana saja.

Fitur yang wajib ada dalam aplikasi computer akuntansi

Sebelum memilih aplikasi akuntansi online tertentu, sebaiknya Anda menentukan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari bisnis kecil, menengah hingga skala besar. Sebaiknya pilih yang memiliki fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisnis berskala besar, pilihlah aplikasi akuntansi yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan kompleks. Berikut adalah fitur yang harus ada dalam aplikasi akuntansi Anda.

  • Membuat faktur berulang
  • Perhitungan pajak otomatis
  • Memonitor saldo pelanggan
  • Update laporan terakhir
  • Menyimpan dan meninjau bukti pembayaran dan slip biaya serta kemudahan melihat kategori biaya
  • Melacak penjualan produk
  • Mengelola pelanggan dan pemasok
  • Mengelola aset
  • Mendapatkan pemberitahuan dan kalkulasi persediaan barang secara langsung
  • Perhitungan laporan keuangan lengkap seperti neraca keuangan, laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas dan rekonsiliasi bank
  • Menyocokkan transaksi secara otomatis
  • Melakukan audit atas data yang dimasukkan
  • Berbasis Cloud

Aplikasi akuntansi online seharusnya membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien, bukan sebaliknya. Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai alasan yang tepat mengapa Anda harus memilih aplikasi tersebut. Di tengah banyaknya pilihan aplikasi akuntansi yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan kedelapan tips yang telah disebutkan tadi untuk mempertimbangkan mana yang menjadi pilihan.

Salah satu aplikasi yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah Jurnal dari Mekari. Jurnal menyediakan aplikasi akuntansi online yang memiliki berbagai fitur layanan yang cukup lengkap seperti perhitungan pajak otomatis, perhitungan keuangan, pengelolaan aset, audit terhadap data serta berbagai fitur lengkap lain yang dibutuhkan untuk sebuah aplikasi akuntasi yang baik.

Jurnal juga sangat cocok untuk berbagai skala perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar karena memberi penawaran harga yang cukup bervariasi dan menarik. Penawaran ini akan membantu Anda untuk memilih aplikasi akuntansi online yang sesuai dengan tingkatan kebutuhan perusahaan Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan data perusahaan Anda. Karena Jurnal telah menggunakan sistem berbasis Cloud yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Jurnal juga telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin data Anda tersimpan dengan aman. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga di Jurnal dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Leave a Comment