Panduan Cara Membangun Rencana Investasi yang Menguntungkan

Untuk membuat rencana investasi yang solid, Anda harus tahu mengapa Anda belajar investasi. Setelah Anda mengetahui tujuannya, mencari tahu pilihan mana yang paling mungkin untuk membuat Anda sampai di sana menjadi lebih mudah.

Dalam artikel ini kami akan membagikan panduan tentang cara Membangun Rencana Investasi. Pertanyaan di bawah ini akan membantu Anda menjawab rencana investasi paling mengutungkan yang Baik berdasarkan tujuan Anda.

Tujuan Apa yang Anda Kejar?

Investasi harus dipilih dengan tujuan utama: keamanan, pendapatan, atau pertumbuhan. Hal pertama yang perlu Anda putuskan adalah yang mana dari ketiga karakteristik itu yang paling penting.

Apakah Anda memerlukan penghasilan saat ini untuk hidup di masa pensiun Anda, pertumbuhan sehingga investasi dapat memberikan penghasilan nanti, atau apakah keselamatan menjadi prioritas utama Anda?

Jika Anda berusia 55 tahun atau lebih, sebelum Anda membuat rencana investasi. Anda benar-benar harus membuat jenis rencana keuangan tertentu yang saya sebut rencana pendapatan pensiun.

Jenis rencana ini memproyeksikan sumber pendapatan dan pengeluaran Anda di masa depan, kemudian memproyeksikan nilai akun keuangan Anda termasuk setoran dan penarikan.

Ini membantu Anda mengidentifikasi titik waktu di mana Anda akan perlu menggunakan uang Anda. Setelah Anda memiliki kerangka waktu yang jelas, Anda tahu apakah akan menggunakan investasi Indonesia jangka pendek, menengah, atau panjang.

Berapa Banyak yang Dapat Anda Tetapkan Secara Realistis untuk Berinvestasi?

Banyak pilihan investasi online memiliki jumlah investasi minimum, jadi sebelum Anda dapat membuat rencana investasi yang solid, Anda harus menentukan berapa banyak Anda dapat berinvestasi. Apakah Anda memiliki jumlah sekaligus, atau apakah Anda dapat memberikan kontribusi bulanan secara teratur?

Beberapa reksa dana indeks memungkinkan Anda untuk membuka akun hanya dengan 5 juta rupiah. Kemudian membuat rencana investasi otomatis dimulai dari hanya 100 ribu per bulan yang akan mentransfer dana dari rekening Anda ke rekening investasi Anda.

Bagaimana Cara Membangun Rencana Investasi Dengan Benar?

Jika Anda memiliki jumlah yang lebih besar untuk diinvestasikan, jelas lebih banyak opsi tersedia untuk Anda. Dalam hal ini, Anda akan ingin menggunakan berbagai investasi, sehingga Anda dapat meminimalkan risiko memilih hanya satu.

Kapan Anda Butuh Uang Ini Lagi?

Menetapkan kerangka waktu, dan Anda dapat mematuhinya adalah yang paling penting. Jika Anda membutuhkan uang untuk membeli mobil dalam satu atau dua tahun, Anda akan membuat rencana investasi yang berbeda daripada jika Anda memasukkan uang ke dalam rencana 401 (k) setiap bulan untuk masa depan.

Dalam kasus pertama, perhatian utama Anda adalah keamanan bukan kehilangan uang sebelum pembelian di masa depan. Dalam kasus kedua, Anda berinvestasi untuk masa pensiun, dan dengan asumsi pensiun adalah beberapa tahun lagi maka tidak relevan dengan nilai akun setelah satu tahun.

Seberapa Banyak Risiko?

Beberapa investasi melibatkan apa yang saya sebut risiko investasi level lima. Risiko bahwa Anda dapat kehilangan semua uang Anda. Investasi Finansial ini terlalu berisiko bagi kebanyakan orang.


Salah satu cara mudah untuk mengurangi risiko serta meningkatkan keuntungan investasi saham adalah dengan melakukan diversifikasi.

Dengan melakukannya, Anda mungkin masih mengalami perubahan nilai investasi. Namun, Anda dapat mengurangi risiko kerugian total karena waktu yang buruk atau keadaan yang tidak menguntungkan lainnya.

Nah, itu dia beberapa panduan dalam Membangun Rencana Investasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam memulai investasi. Semoga berhasil.