Spalding, Bola Basket Untuk Lapangan Indoor dan Lapangan Outdoor

Olahraga bola basket belakangan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, apalagi di bulan September di ajang Sea Games ke 27 di Malaysia Timnas bola basket Indonesia akan berpartisipasi. Timnas bola basket Indonesia telah melakukan persiapan dan latihan sampai ke negara-negara Eropa, dengan hype yang ada pasti sudah banyak juga masyarakat Indonesia yang ikut bermain bola basket. Untuk bermain bola basket, jenis bola basket yang digunakan tergantung jenis lapangannya yaitu indoor atau outdoor.

LAPANGAN INDOOR

Biasanya GOR (Gelanggang Olahraga) mempunyai lapangan basket indoor, memang lebih nyaman main basket di lapangan basket tertutup (indoor) dibanding lapangan basket terbuka (outdoor) alasannya karena takut hujan.

Tipe-tipe bola basket yang cocok dimainkan di lapangan indoor:

Spalding Official NBA Leather Game Basketball, Harga: Rp. 4.000.000,-

Ini adalah bola basket yang dipakai liga NBA di Amerika Serikat, bola basket ini digunakan bermain basket oleh pemain NBA profesional.

– Spalding Top Flite 1000 Basketball, Harga: Rp. 956.000,-

Ini adalah bola basket yang juga digunakan di lapangan indoor, dengan harga sedikit lebih rendah dari bola sebelumnya tapi kualitasnya juga bagus.

LAPANGAN OUTDOOR

Jika tidak ada GOR atau lapangan indoor, bermain basket dapat dilakukan di lapangan outdoor. Untuk bermain di lapangan outdoor atau terbuka, bolanya juga khusus.

– Spalding Official Size NBA Street Basketball, Harga: Rp. 2.100.000,-

Bola dari Spalding yang mempunyai ukuran resmi NBA ini digunakan untuk Street basketball atau bola basket jalanan, pasti jika bola basket ini tahan banget untuk digunakan di lapangan yang keras.

– Spalding NBA Official Zi/O Excel Indoor/ Outdoor Composite Basketball

Bola basket Spalding ini terbuat dari bahan kulit komposit, yang artinya bola basket ini cocok dipakai di lapangan terbuka dan pasti tahan lama. Harganya juga tidak terlalu mahal, dijual sekitar Rp. 388.000,-

Itu adalah beberapa jenis bola basket dari spalding yang digunakan sesuai jenis lapangannya.

Cara merawat bola basket spalding supaya awet dan tahan lama yaitu setiap kali selesai digunakan untuk bermain, segera dibersihkan dengan kain lap. Sesudah bersih dan tidak basah dapat disimpan di ruangan yang tidak lembab, jadi kulit atau bagian luar dari bola basket tidak rusak atau berjamur.

Demikian tentang bola basket sekali untuk lapangan indoor atau lapangan outdoor, untuk bermain basket sebaiknya diperhatikan jenis lapangannya outdoor atau indoor sehingga dapat ditentukan jenis bola apa yang layak dipakai.