Kuliner Enak di Jakarta: Temukan Kelezatan dengan Tahu Gejrot

Asal Usul Tahu Gejrot

Hello Sobat Rantai Berita! Kali ini kita akan membahas tentang kuliner enak di Jakarta yang wajib kamu coba, yaitu tahu gejrot. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mencicipi makanan yang satu ini. Namun, bagi yang belum, kamu wajib mencobanya. Tahu gejrot merupakan makanan khas Cirebon yang sekarang sudah menjadi populer di Jakarta.

Tahu gejrot berasal dari kata “gejrot” yang artinya mengejrot atau memencet. Makanan ini dinamakan tahu gejrot karena pada saat penyajiannya, tahu yang sudah dipotong-potong akan dikejrot dengan sebuah sumpit atau tusuk gigi agar bumbu yang disiramkan lebih meresap.

Bahan-bahan dan Cara Membuat Tahu Gejrot

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tahu gejrot sangat sederhana dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain tahu putih, air, gula merah, garam, bawang putih, cabai rawit, ebi, dan jeruk nipis.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama, tahu putih yang sudah diiris tipis-tipis direbus sebentar hingga matang. Setelah itu, bumbu-bumbu seperti gula merah, garam, bawang putih, cabai rawit, ebi, dan air direbus hingga mendidih. Setelah itu, air bumbu yang sudah disaring disiramkan ke atas tahu dan dikejrot. Tidak perlu menunggu lama, tahu gejrot siap disantap.

Tempat Mencari Tahu Gejrot

Tahu gejrot memang bisa kamu temukan di beberapa tempat, seperti pasar tradisional atau warung makan. Namun, beberapa tempat yang terkenal dengan tahu gejrotnya antara lain Tahu Gejrot Pak Haji di Jalan Gajah Mada, Tahu Gejrot Pak Sadi di Jalan Gunung Sahari, dan Tahu Gejrot Pak Kumis di Jalan Kramat Raya.

Saat ini, kamu juga bisa menemukan tahu gejrot di beberapa food court atau mal di Jakarta. Salah satu tempatnya adalah di Grand Indonesia, yaitu Tahu Gejrot Cirebon Pak Gendut.

Kelezatan Tahu Gejrot

Tahu gejrot memang terkenal dengan cita rasa yang gurih dan pedas. Rasa gurih berasal dari bumbu ebi dan gula merah, sedangkan rasa pedas dari cabai rawit. Tahu yang lembut dan empuk, semakin nikmat dengan bumbu yang meresap sempurna. Ditambah dengan perasan jeruk nipis, membuat rasa asam yang menyegarkan.

Tahu gejrot juga cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan di saat santai atau berkumpul dengan teman. Selain itu, tahu gejrot juga menjadi alternatif untuk kamu yang sedang diet, karena kandungan kalorinya yang rendah.

Kesimpulan

Nah, itu dia informasi tentang kuliner enak di Jakarta yang wajib kamu coba, yaitu tahu gejrot. Selain rasanya yang lezat, tahu gejrot juga mudah ditemukan di Jakarta. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo cari tahu gejrot terdekat dari tempatmu dan nikmati kelezatannya. Selamat mencoba!