Alasan Kenapa Minuman Ion Menjadi Pengganti Cairan Tubuh Yang Baik

Kekurangan cairan merupakan salah satu kondisi umum yang disebabkan karena banyak faktor, mulai dari aktivitas di luar ruangan yang membuat Anda mengeluarkan banyak keringat, saat cuaca sedang panas, olahraga, atau karena kondisi khusus, seperti diare dan lainnya.

Saat tubuh kekurangan cairan, secara otomatis kadar elektrolit dalam tubuh akan berada dalam posisi yang tidak seimbang. Jika dibiarkan, fungsi tubuh akan mengalami penurunan, dan jika dibiarkan dalam jangka panjang, kondisi ini berpotensi menyebabkan kerusakan organ.

Inilah salah satu alasan Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, dan mengkonsumsi minuman isotonik setelah olahraga atau ketika banyak kehilangan cairan tubuh. Tujuannya, agar cairan tubuh bisa segera tergantikan, dan kadar elektrolit dalam tubuh menjadi lebih seimbang.

Coolant Minuman Ion Terbaik Untuk Anda

Ada banyak minuman Ion yang bisa dijadikan solusi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Namun diantara produk-produk tersebut, Coolant dari Enesis Group merupakan produk yang sangat direkomendasikan karena punya banyak kelebihan.

Dikutip dari University of Michigan Health, minuman ion atau minuman isotonik termasuk ke dalam minuman olahraga yang bermanfaat untuk mengganti kadar elektrolit dan cairan tubuh yang hilang karena berkeringat, atau kondisi lainnya.

Elektrolit sendiri merupakan mineral yang terdiri dari kalsium, kalium, magnesium dan natrium yang bermanfaat menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu, minuman ini pun bermanfaat untuk mengembalikan karbohidrat yang hilang selama beraktivitas.

Penelitian yang dilakukan Committee on Nutrition and the Council on Sports Medicine and Fitness, minuman ion yang disarankan untuk dikonsumsi, setidaknya mengandung:

  • 12-16 persen karbohidrat,
  • 200 mg sodium,
  • 80 kalori per 250 ml.

Selain itu, minuman ion diwajibkan mengandung natrium dan kalium sebagai kandungan utamanya, mengandung konsentrasi gula 6–8 g/100 ml dan garam hingga 46–69 mg/100 ml. Komposisi ini merupakan jumlah ideal, sama seperti yang ada dalam tubuh manusia.

Coolant sendiri merupakan minuman olahraga dari Enesis Group yang mengandung ion dan mengandung ekstrak bunga krisan yang kaya akan vitamin A,B dan C. Selain itu, di dalamnya terkandung sejuta manfaat dari bengkoang, mengandung natrium dan kalium yang membantu dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Dalam setiap 350 ml kemasan Coolant, mengandung energi total 80 kalori, 21 gram karbohidrat, 160 mg natrium dan 80 mg kalium, yang dipadukan dengan kesegaran air pegunungan sehingga mampu memberi rasa segar, dan lebih cepat menghilangkan haus.

Coolant bekerja mendinginkan tubuh dengan cara mengganti elektrolit yang hilang bersama keringat dengan lebih cepat, lebih lama memberikan kesejukan pada tubuh, dan cepat diserap tubuh.

Di pasaran sendiri Anda bisa menemukan Coolant dalam beberapa varian rasa, diantaranya ekstrak bengkoang, starfruit atau buah belimbing dan lychee. Untuk mendapatkan sensasi rasa yang lebih menyegarkan, produk ini disarankan disajikan dalam kondisi dingin.

Leave a Comment