sukses artinya

Hello Sobat Rantai Berita! Kali ini, kita akan membahas tentang “Wisata Kuliner di Bandung”. Kota Bandung memang terkenal dengan keindahan alamnya, namun tidak kalah menarik adalah kuliner di kota ini. Terdapat banyak tempat makan yang menawarkan makanan enak dan unik yang wajib kamu coba. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung adalah makanan khas dari Bandung yang terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan kuah kaldu daging sapi. Kuah kaldu tersebut biasanya dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan kecap manis sehingga memberikan rasa yang lezat dan gurih. Satu tempat makan yang terkenal dengan mie kocoknya adalah Mie Kocok Mang Dadeng yang terletak di Jalan Cibadak No. 215A.

2. Batagor

Batagor singkatan dari Bakso Tahu Goreng adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang dibentuk bulat, dicampur dengan tepung kanji, dan digoreng. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang yang pedas dan kecap manis. Jika kamu ingin mencoba batagor yang enak, kamu bisa mencoba Batagor Riri yang terletak di Jalan Burangrang No. 41.

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau domba yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu. Sate ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal kecap yang pedas. Salah satu tempat makan yang terkenal dengan sate marangginya adalah Sate Maranggi H. Bejo yang terletak di Jalan Cibadak No. 305.

4. Nasi Kalong

Nasi Kalong adalah nasi goreng yang terbuat dari nasi putih yang digoreng dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Nasi kalong biasanya dimakan dengan telur dadar, ayam goreng, dan kerupuk. Kamu bisa mencoba Nasi Kalong Bu Wir yang terletak di Jalan Cisitu Lama No. 19 Bandung.

5. Baso Tahu

Baso Tahu adalah makanan yang terbuat dari daging ikan atau daging sapi yang dicampur dengan tahu dan kemudian dibentuk bulat. Baso tahu biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kental dan pedas. Jika kamu ingin mencoba baso tahu yang enak, kamu bisa mencoba Baso Tahu Jalan Burangrang yang terletak di Jalan Burangrang No. 45.

6. Lotek

Lotek adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari sayuran segar seperti kol, tauge, kacang panjang, dan terong yang dicampur dengan saus kacang dan petis. Lotek biasanya disajikan dengan kerupuk dan lontong. Kamu bisa mencoba Lotek Kalipah Apo yang terletak di Jalan Cikawao No. 35.

7. Soto Bandung

Soto Bandung adalah soto yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, dan daun jeruk. Soto ini biasanya disajikan dengan mie kuning, tauge, dan emping. Salah satu tempat makan yang terkenal dengan soto bandungnya adalah Soto Mie ACI yang terletak di Jalan Riau No. 53.

8. Es Durian

Es Durian adalah minuman yang terbuat dari daging buah durian yang dicampur dengan susu, gula, dan es batu. Es Durian biasanya disajikan dengan topping seperti biji selasih dan kacang hijau. Salah satu tempat makan yang terkenal dengan Es Durian-nya adalah Es Durian Ganti Nan Lamo yang terletak di Jalan Riau No. 100.

9. Siomay Bandung

Siomay Bandung adalah makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka dan sayuran seperti kol dan wortel. Siomay biasanya disajikan dengan saus kacang yang pedas dan kecap manis. Jika kamu ingin mencoba siomay yang enak, kamu bisa mencoba Siomay Hj. R. Atien yang terletak di Jalan Professor Eyckman No. 56.

10. Martabak Manis

Martabak Manis adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan telur, susu, dan gula. Martabak manis biasanya disajikan dengan topping seperti keju, coklat, kacang, dan susu kental manis. Jika kamu ingin mencoba martabak manis yang enak, kamu bisa mencoba Martabak San Francisco yang terletak di Jalan Veteran No. 4.

Kesimpulan

Itulah sepuluh kuliner khas Bandung yang wajib kamu coba jika berkunjung ke kota ini. Selain kuliner yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi makanan enak dan unik yang bisa kamu temukan di Bandung. Jangan lupa mencoba dan menikmati kelezatan kuliner khas Bandung saat mengunjungi kota ini. Happy eating, Sobat Rantai Berita!